Pengenalan Pascal


Pascal dikembangkan dari Bahasa ALGOL 60 oleh ahli komputer dan juga anggota dari group pembuat ALGOL yaitu Prof. Niklaus Wirth dari Swiss Federal Institute of Technology (ETH-Zurich) pada tahun 1971. Pascal merupakan bahasa pemrograman Generasi III dan juga merupakan bahasa pemrograman Tingkat Tinggi (High-Level Language), yaitu bahasa pemrograman yang dekat dengan bahasa manusia. Nama Pascal sendiri diambil dari nama Blaise Pascal, seorang filsuf dan ahli matematika yang terkenal pada abad 17 dari Prancis.

Hingga saat ini program Pascal memiliki beberapa versi, seperti Turbo Pascal, Turbo Pascal for Windows (TPW), Ms Pascal (Microsoft), Apple Pascal, UCSD (University of California at San Diego Pascal). Namun versi yang paling banyak digunakan adalah versi Turbo Pascal yang dibuat oleh Borland Inc. karena menggunakan Compiler untuk menterjemahkannya dan juga mengikuti standard bahasa Pascal yang dibuat oleh Nicklaus Wirth.

Struktur dari suatu program Pascal terdiri dari sebuah judul program dan suatu blok program atau badan program. Secara ringkas, struktur suatu program Pascal dapat tediri dari :

1. Judul Program
2. Bagian Deklarasi

- Deklarasi Konstanta
- Deklarasi Type
- Deklarasi label
- Deklarasi Variabel
- Deklarasi Prosedur atau Fungsi

3. Program Utama

Program Pascal juga memiliki kelebihan, yaitu :

* Tipe Data Standar : Tipe – tipe data standar yang telah tersedia pada kebanyakan bahasa pemrograman. Pascal memiliki tipe data standar: boolean, integer, real, char, string.
* User defined Data Types : Membuat tipe data lain yang diturunkan dari tipe data standar.
* Strongly-typed : Menentukan tipe data dari suatu variabel, dan variabel tersebut tidak dapat dipergunakan untuk menyimpan tipe data selain dari format yang ditentukan.
* Terstruktur : Memiliki sintaks yang memungkinkan penulisan program dipecah menjadi fungsi-fungsi kecil (procedure dan function) yang dapat dipergunakan berulang-ulang.
* Sederhana dan Ekspresif : Memiliki struktur yang sederhana dan sangat mendekati bahasa manusia (bahasa Inggris) sehingga mudah dipelajari dan dipahami.

Berikut adalah contoh program Pascal yang sederhana dengan menggunakan program Turbo Pascal :

Program Program_Sederhana;
Uses Crt;
var nama : string;
begin
Clrscr;
Write(‘Masukkan nama Anda : ‘);Readln(nama);
Writeln;
Writeln(‘Selamat Belajar Pascal ‘,nama);
Writeln;
Write(‘Tekan sembarang tombol untuk keluar’);
Readkey;
End.

[Sumber]

Comments